Selasa, 29 November 2016

Atap

Atap Bangunan Kawasan Lahan Basah
(Atap Rumah Bubungan Tinggi)

Description: C:\Users\Akhmad Al Riyadi\Desktop\1479388613842.jpg

          Sebagaimana yang diketahui, atap merupakan penutup bagian atas bangunan yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam bangunan dari hujan, panas maupun salju. Atap kebanyakan berbentuk miring, namun ada yang berbentuk datar. Dalah hal ini, atap datar juga diharuskan untuk bisa mengalirkan air turun kebawah (tidak boleh tergenang)

          Atap pada bangunan Rumah Bubungan Tinggi merupakan suatu bagian utama yang dimana merupakan ciri khas pembeda dengan beragam rumah Banjar yang ada. Atap bubungan menjulang tinggi dan memiliki kemiringan hingga 600 serta bentuknya sangat khas.

Description: C:\Users\Akhmad Al Riyadi\Desktop\1479388658660.jpg

          Berdasarkan hasil studi lapangan yang kami lakukan di Rumah Bubungan Tinggi. Kami mendapati penutup atap pada bangunan ini adalah sirap. Pada awalnya masyarakat menggunakan daun rumbia sebagai bahan penutup atap, namun karena faktor keawetan daun yang tidak lama, maka beralihlah pada sirap.
Description: C:\Users\Akhmad Al Riyadi\Desktop\1479391201179.jpg
 


          Dilihat dari aspek struktur, penggunaan bahan penutup atap sirap dapat mengatasi kestabilan bangunan pada kondisi lahan yang sangat lemah. Terciptanya atap sirap ini merupakan hasul kearifan local masyarakat Banjar. Banyak sisa potongan dari kayu ulin yang selanjutnya dimanfaatkan untuk pembuatan atap sirap.

Dengan teknologi yang sederhana, dibuat atap sirap dari bahan sisa kayu ulin yang dibelah tipis (2-3 mm) membentuk lembaran dengan lebar 10-15 cm dan panjang 30-40 cm. Prinsip pembuatan ini tentunya menguntungkan, karena tidak ada bahan bangunan yang terbuang. Bahan penutup sirap ini juga ringan dan awet. Segi keawetan dapat bertahan hingga 10 tahun.


          Kondisi bangunan pada lahan yang sangat lemah ini diharuskan untuk ringan. Dengan atap sirap yang ringan dan awet pastinya akan sangat berkontribusi pada ketahanan bangunan di lahan. Kestabilan beban pada bagian atas bangunan tentunya akan membantu pada kekokohan bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar